monolog blog

poligami

ADSENSE HERE!
Poligami
Pasti heboh ada pro dan kontra
Mana yang benar? Perintah Pencipta? Dugaan ciptaanNya?

Saya tidak akan memaparkan dalil2 juga keterangan2 ahli tafsir tentang poligami
Hanya merenung santai

Pria itu macam-macam, ada yang gesit,lamban, cekatan, pelupa, inovatif, pengikut, pemimpin dan sifat-sifat lainnya.

Pria yang gesit, cekatan, inovatif, pemimpin, tegas, berani biasanya semakin profesional dalam pekerjaannya, semakin ahli, piawai, terkemuka dan hartapun deras mengikutinya.

Tidak usah jauh-jauh, mari kita perhatikan apakah saudara kita sendiri, apakah tetangga atau orang-orang disekitar kita atau anda yang memiliki ciri-ciri sifat positif tersebut.
Harta banyak istri satu, lalu?

Mobil banyak, rumah banyak, tanah banyak, juga barang2 eksotis yang bernilai tinggi, mulai dari, batu-batuan, emas, jam2 mahal, gadget2 dst.
Manusia  perlu mobil adalah benar, tapi apakah manusia  memiliki banyak mobil seharga milyaran rupiah keatas dibenarkan? jikapun diperbolehkan apakah bermewah-mewahan di cintai Allah swt?

Manusia  perlu rumah, benar, tapi apakah manusia  memiliki banyak rumah/villa seharga milyaran rupiah keatas dibenarkan?
Apakah membelanjakan banyak harta untuk barang2 yang kurang bermanfaat dibenarkan?

barang semakin mahal biasanya kualitasnya semakin baik, mobil, pesawat, rumah dsb. boleh saja kita miliki tapi untuk apa peruntukannya? keamanan? status sosial? pemuas nafsu?

bukan berarti keimanan saya sempurna, hanya mengajak, jika bisa dikendalikan, baiknya harta ini dibelanjakan di jalan yang diridoiNya.

Salah satu ajaran Islam adalah kesederhanaan.
Makan sebelum lapar berhenti sebelum kenyang, makanan satu orang cukup untuk dua orang, makanan dua orang cukup untuk tiga orang, sepertiga lambung diisi oleh makanan, sepertiga air dan sepertiganya angin.

Nabi Muhammad hanya memiliki beberapa helai pakaian saja, dia tidur beralaskan kain yang dilipat, dia bermuka masam bila diberi alas tebal dan menjawab “kalian mencegahku bangun (shalat) malam…”

Saat anda kaya nanti
apakah anda akan memiliki banyak rumah/villa mewah, atau anda memilih memiliki istri empat dan empat rumah sederhana?
Saat anda kaya nanti

Apakah hobi anda melancong ke berbagai tempat eksotis, bangga memiliki barang2 butik edisi terbatas dari Paris,Milan atau anda tenang memiliki anak-anak dari keempat istri yang memiliki pemahaman agama yang sempurna dan aktif di organisasi sosial?

Bila harta sudah bukan masalah lagi bagi anda,
apakah anda mencukupkan diri memiliki sepasang mertua? atau empat pasang mertua dan anda terharu mampu membiayai kedelapan mertua anda naik haji?

Saat harta anda melimpah nanti
apakah anda merasa dihargai dengan membeli, jet-jet, yacht-yacht pribadi, atau anda bersyukur bisa berperan dalam membangun kampung halaman keempat istri anda berasal?

Saat ruh berpisah dengan jasad anda, apakah anda merasa cukup didoakan oleh seorang istri dan dua orang anak anda atau bisa jadi mereka wafat mendahului anda atau anda menginginkan didoakan oleh keempat istri dan delapan bahkan lebih anak anda?
Semua pilihan anda

semakin banyak harta yang kita miliki semakin sedikit waktu untuk menikmati,dan lagi maut tak pernah permisi. harta bisa menjadi bantuan dan halangan di akhirat nanti.
ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Copyright © taman senja. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design