monolog blog

manggis

ADSENSE HERE!
manggis


foto ini diambil di desa wanayasa, kab subang jabar

pernah saya lupa roti tawar digantung di pintu, tersadar setelah ada bau asam tercium dari kamar, "yah masih banyak dah ngga bisa dimakan sayang banget".
makanan seperti roti, pisang, daging jika tidak dimasukan kulkas mudah membusuk. bakteri pengurai tidak bisa hidup di suhu yang beku karnanya makanan bisa bertahan tapi tentunya rasanya akan berubah.

suhu yang pas dan kondisi yang aman diperlukan agar makanan bertahan layak konsumsi. kulkas harus rapat agar tidak bisa digerogoti tikus juga suhunya harus tepat. kulit manggis mudah ditusuk oleh jarum dan pastinya berpori tidak kuat tahan air dan api.
kulit apel, pisang, manggis mampu menjaga rasa dan warna berminggu-minggu hingga masa panen. bukan hanya sifat air yang bisa memuai, menyusut, merambat tapi air pula membawa nutrisi yang diperlukan sebuah pisang hingga mampu matang saat masih tergantung di pohonnya.

tumbuhan dan hewan hidup tapi akal mereka terbatas, tentunya seekor kera tak mampu chat di fb kan? tapi dia tahu cara memanjat pohon. manusiapun jika hanya berkeluh kesal tentang sulitnya mencari uang untuk makan maka tak ada beda dengan hewan. jika pohon bisa menjadi peneduh, ditebang diambil kayu untuk bahan furnitur misalnya nah sebagai manusia tentunya kita harus lebih baik dari seekor hewan atau sebatang pohon.


saya percaya setiap manusia pasti ingin bermanfaat bagi orang lain hanya saja caranya berbeda. kadang manusia secara tidak sadar melakukan kerusakan lingkungan, menebang pohon misalnya karna tergiur uang. di kota saya tinggal asal ada uang maka anda bisa dapat izin menebang pohon yang anda rasa menghalangi ruko anda misalnya. konon untuk menebang satu pohon itu diminta uang 5jt rp, pohon-pohon usia puluhan tahun yang rimbun dan menyejukan ditebang begitu saja demi bisnis.


Jalan veteran di purwakarta sekitar tahun 1997 masih rindang namun sekarang gersang, hal seperti ini seperti diabaikan padahal lingkungan yang sejuk berpengaruh sekali pada kinerja manusia, stress, marah, macet, tidak mau mengalah dalam lingkungan yang panas dan gersang membuat aktifitas sehari-hari menjadi runyam. Tapi air mancur yang tidak ada pengaruhnya pada lingkungan dibuat dan pastinya memerlukan dana.

Keindahan belum tentu bermanfaat, tapi bermanfaat pasti sehat.


Yah bagaimana lagi jika kesadaran lingkungannya rendah atau pura-pura tidak tahu, saya yakin apapun sikap kita pasti dibalas di dunia dan akhirat nanti. beruban, berharta belum tentu berwawasan lingkungan, jika hidup hanya memikirkan uang ya dapatnya uang, jika memikirkan teman ya dapat teman, jika sering merasa salah karna melanggar perintah Allah swt maka akan diberi hidayah mencapainya.

Apa sih hubungannya manggis dengan menebang pohon?

Simpel, jika kita mengetahui betapa menakjubkannya alam maka kita akan takut merusaknya, pastinya manggis tidak mampu manusia ciptakan apalagi pohon, sungai, laut, hewan dsb. yah karna terdesak malu bisa saja manusia menjadi pembunuh atas janin yang dikandungnya.

ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Copyright © taman senja. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design