monolog blog

dr marteen shoes

ADSENSE HERE!


Tahun 1994 kawan saya punya gebetan, gadis bule berambut coklat lurus mmmm betis putihnya kontras sekali dengan docmart merahnya, dari situlah saya mengetahui sepatu dr marteen.

Tahun 1997 kawan kuliah melego dr marteen bekas lantas saya beli seharga rp 70 rb, sepatu itu berwarna hitam berlubang delapan nyaman sekali digunakan. Suatu waktu saya teledor menyimpannya di halaman, dalam waktu singkat raib. Akhirnya lupa.....

Tahun 2000 saya berjalan-jalan di seputaran jl braga kota Bandung, saat melirik suatu etalase toko sepatu eh keren banget ya dr marteen warna ungu. Saya cek harnya ternyata tidak begitu mahal, akhirnya saya tebus seharga rp 350 rp. Entah waktu itu umr kota bandung berapa, mungkin rp 500rb.

Tahun 2015 kawan saya memakai sepatu dr marteen, dan kami bicara panjang lebar tentang sepatu itu. Dia beli baru dari thailand seharga rp 1.8 jt, mahal banget kata saya, emang ngga ada gitu di indonesia? Dia bilang ada dan yang pendek saja harganya rp 2.5jt. wow ternyata saat saya ke toko di jalan braga dulu memang benar harganya rp 2.5jt.

Umr di kota saya tinggal sekarang rp 2.6 jt, tergantung skala perusahaan tentunya, ada yang lebih atau kurang, saya hanya mikir sayang banget ya beli sepatu seharga itu. Sepatu saya pun ditawar teman, untungnya kekecilan, yah dijadikan kenangan saja.

Saya beli sepatu awal tahun 2015 dengan merek weidenman seharga rp 250rb, bagi saya itu sudah nyaman sekali, cycling bisa, dipake jalan-jalan juga empuk. Sebenernya anda tahu kan sekarang banyak toko-toko menjual sepatu misal nike, adidas kw seharga rp 300rb, padahal di toko resmi nike itu paling murah rp 500rb an.

Maaf-maaf ya, bisa saja saya membeli sepatu kw tapi itu berarti saya mendukung pemalsuan merek, saya mendukung perusahaan-perusahaan gelap yang mengeruk keuntungan secara curang dengan melanggar hukum.

Anda misalkan membuat program penjualan komputer dengan susah payah, anda jual kesana kemari lalu dengan seenaknya orang memalsukan dan menyebarkannya di internet, apakah anda akan rela? maukah artikel blog anda di copas orang tanpa izin?


Sedikit demi sedikit kita belajar benar, hidup dalam koridor hukum walaupun tidak ada jaminan hukum. Contohnya jangan gunakan office bajakan, gunakan saja “wps office” yang gratisan itu.

Setahu saya barang illegal itu misalkan “pelajaran bahasa inggris untuk anak” di youtube boleh kita download, disebarkan dengan izin, tapi tidak boleh digandakan dalam bentuk media lain dan dijual. Jika digunakan dalam lembaga kursus kita dan kita menarik iuran dari siswa misalnya itu dilarang.

Bukan tentang selera, gengsi pake barang kw atau ori, tapi bagaimana kita menghargai karya orang lain, bukankah seringan apapun amal perbuatan nanti akan dipertanyakan?
ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Copyright © taman senja. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design