monolog blog

karir

ADSENSE HERE!
Karirnya berawal sebagai sales cat duco, karna penjualan meningkat beranjak menjadi supervisor. Posisi manager hadiah atas kesungguhannya bekerja, sebut saja Adi.

Salah satu pelanggan, sebut saja pak Doris, suatu waktu mengundang Adi berkunjung kerumahnya, disana Adi diakrabkan dengan putrnya yang sering belanja cat ke toko Adi bekerja.

Putri pak Doris kita sebut saja Rani, gadis cantik pemalu mahir memasak, saat Rani sakit pak Doris menyuruh Adi untuk mengantarkannya ke dokter.

Pak Doris : “anak saya cantik ya, suka kan?”
Adi : “wah, saya mah tanah dan bapa langit, saya ngga punya apa-apa”
Pak Doris : “jangan begitu, semua manusia sama derajatnya, harta hanya titipan”

Lajang mana sih yang bisa menolak tapi pak Doris itu orang terpandang karna ilmu agamanya dan tanahnya hektaran di tepian jalan tol juga tersebar di tempat-tempat lain.

Karna pak Doris merasa sreg dengan Adi dan sudah kenal lama sejak Adi masih menjadi sales hingga manager, akhirnya pak Doris menganjurkan Adi menikah dengan Rani.
Tahun 2006 Adi meminang Rani dengan 117 gram emas sebagai mas kawin dan pihak pengantin putri merogoh kocek rp 35 juta.

Adi berhenti bekerja dan merantau ke kota K untuk membuka toko cat, modal awal rp 150 juta pinjaman dari pak Doris dan tak lama kemudian modal itu berhasil dikembalikan. Toko itu masih mengontrak namun mereka sudah mampu membangun rumah seluas 500m2 dan mencicil dua “honda jazz”, dua motor “ninja” dan sebuah motor matic.

Mereka dikaruniai tiga buah hati, awalnya kadang-kadang Rani pulang ke kota T untuk menemui orangtuanya dan menginap disana. Lama-lama Rani semakin sering dan akhirnya anak-anak sekolah di kota T. Sudah dua tahun Adi dan Rani pisah ranjang tapi hal itu dianggap biasa oleh Pak Doris, sebagai ahli agama harusnya Pak Doris tahu kewajiban istri terhadap suami.

Suatu waktu orang tua Adi di rawat di rumah sakit di kota Y, Rani besuk dengan temannya Adi yang sebenarnya dilarang oleh Adi karna teman itu mata keranjang. Rani dan teman prianya hanya besuk selama  3 menit tanpa memberikan amplop sama sekali. Adi naik pitam, “jazz” Rani digoyang-goyang hingga hampir terguling.


Rani seringkali bicara “silahkan ayah cari lagi istri yang betah tinggal sama ayah” lalu Adi menjawab “hati-hati mama bicara... ntar diaminkan malaikat”.

Ada seorang janda yang pernah mengecat bagian mobilnya pada toko Adi, mereka akrab dan awalnya Adi jalan atau makan bareng hanya untuk mengetes apakah Rani akan cemburu?
Ternyata Rani melayangkan surat gugatan cerai, jadi sepertinya Rani sengaja mencari celah untuk berpisah dengan Adi.

Tahun 2010 saya bereksperimen mengecat sendiri corolla 75 saya dengan berbelanja di toko Adi, tahun 2015 saya perlu lagi membeli cat tapi toko itu selalu tutup.

Akhirnya saya mendatangi sebuah toko cat baru yang dagangannya masih sedikit, ternyata saat saya sahut, Adi yang keluar dari pintu dengan berpeci, dari situlah kisahnya mengalir.

Tujuh juta rupiah/bulan uang belanja yang Rani dapatkan dari Adi, bersih diluar cicilan atau kontrakan. “Wah istri cantik, punya toko, bisa nyicil jazz, sedangkan saya? upah tergerus kontrakan, mobil bermasalah, kusam, tanpa ac, sepertinya bumi ini sulit dimengerti”...kadang seperti itu saya berpikir.

“Setiap insan dapat satu peranan....” kata pakde Ahmad Albar

Setelah bercerai kadang Rani mengintai di depan toko Adi yang baru, 15 sms lebih Adi dapatkan/hari dari Rani tapi tidak Adi balas.

“nggak kangen gitu sama anak-anak?” saya bertanya...tak ada jawaban, hanya ada pemandangan seorang pria cukup kekar berkalung rantai metal dengan mata berkaca-kaca lalu tetesan berjatuhan dari kedua ujung matanya.
“saya ke rumahnya juga pintunya ngga dibuka” akhirnya Adi menjawab


Semua harta seperti mobil, isi toko, perkakas diserahkan pada Rani, Adi berucap “saya bekerja karna Allah dan untuk keluarga, ambil semua harta ini, saya hanya perlu sebuah sepeda motor”, akhirnya Adi diberi sebuah “ninja” dan uang tunai beberapa ratus ribu rupiah, bpkb itu dilempar oleh Rani tapi Adi tidak terpancing emosi.

Hasil penjualan “ninja” digunakan untuk mengontrak toko baru dengan tarif sewa 15jt/bulan, sisanya membeli cat alakadarnya belum ada kompresor, etalase dan rak. Adi hanya memohon sehabis salat “Ya Allah saya tidak takut ditinggalkan kawan atau harta, saya hanya memilikiMu”.

Kabar tersiar Adi main wanita hingga usahanya bangkrut hingga pemasok-pemasok cat enggan bekerja sama lagi. Ibu pemilik kontrakan meminjamkan dua etalase, kawannya memberikan dua buah kompresor dan kawan lainnya membuatkan dua rak dari besi gratis.

Saat saya mendengar Adi bercerita turunlah dua bocah dari sedan mungil, memberi Adi makan siang, ternyata Adi menikahi janda yang dia ceritakan itu. Sang Pengganti tersenyum segar, dark eyeliner, wajah bening..foto janda itu kini di meja kerja Adi dan satu foto gadis mungil berseragam taman kanak-kanak...putri Adi dari istri pertama.

Kawan saya ada yang pekerjaannya sales panci, sales tembakau yang memasok warung-warung kecil di kampung-kampung. Ada juga sales plastik membawa orderan empat karung plastik dengan sepeda motornya menempuk jarak puluhan kilometer.

Sebagian orang bertahan bekerja walau jenuh cape tapi harus dilakukan semua demi keluarga. Bukan satu kali saya melihat sales bermotor jatuh dari sepeda motor. Jika anda sekarang sedang dekat dengan istri orang ^_^ coba deh jangan sampai terlanjur memes eh sayang, selain akan mengacaukan pernikahan anda juga menghancurkan perasaan suaminya.

Ada istilah bekas istri
Tidak ada istilah bekas anak.
Anak kandung....darah daging berunsur DNA sama, karnanya rindu bagai mengalir dalam darah, orangtua angkatpun tidak berhak menikahkan putrinya dalam ajaran islam.

Mungkin istri baru anda sekarang lebih muda..lebih cantik, lebih kaya tapi...
Anda tentu tak lupa berkeringatnya hidung istri anda dulu karna motuba anda tanpa ac, anda tak akan lupa riangnya buah hati anda walau makan di kaki lima...taman gratisan
Kebahagian itu tanpa syarat... kadang gengsilah yang membatasi


Jika anda membaca tulisan ini bersebelahan....peganglah tangan istri anda
Jika anda bisa memandang buah hati anda kapan saja...bersyukurlah
Yang bersebelahan sesama cowo? Jangan terpikir mencoba birahi ganjil kecuali anda berniat melegalkannya di Belanda xixixi

Dua buah hati saya berputar-putar dengan sepedanya di dalam rumah, saya nikmati saja, bagi ibunya itu mengotori lantai....bagi saya itu mewarnai hati..karna banyak orang
sudah bercerai hanya bisa merindu tanpa mampu bertemu.

Anda tak akan tahu sunyinya sepi sebelum mengalami kehilangan.


ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Copyright © taman senja. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design